PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS) H. SAHIDIN
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SD MENYUSUN RPP YANG
MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALAUI
WORK SHOP BERKELANJUTAN DI KKG GUGUS CIKEDOKAN KECAMATAN BAYONGBONG
Penelitian
Tindakan Sekolah (PTS) ini dilatarbelakangi oleh kemampuan guru-guru sekolah
dasar di wilayah binaan KKG Gugus Cikedokan Kecamatan Bayongbong dalam menyusun
RPP yang mengintegrasikan Pendidikan Karakter Bangsa masih jauh dari harapan
standar proses sehingga berpengaruh terhadap kurang efektifnya proses
pembelajaran. Masalah yang diungkap pada penelitian ini adalah “Apakah work shop berkelanjutan dapat
meningkatkan kemampuan guru SD dalam menyusun RPP yang mengintegrasikan
Pendidikan Karakter Bangsa di KKG Cikedokan Kecamatan Bayongbong?”
Penelitian
dilaksanakan di KKG Gugus Cikedokan Kecamatan Bayongbong Tahun 2013. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Kualitas RPP
guru-guru SDN Cikedokan I,II,III-IV KKG Gugus Cikedokan sebelum diberi perlakuan
work shop mencapai rata-rata 58%
terkualifikasi sangat kurang, (2) Setelah diberi perlakuan work shop siklus 1, maka kualitas RPP guru-guru SDN Cikedokan I-IV KKG Gugus Cikedokan mencapai
rata-rata 79% terkualifikasi cukup baik, (3) Setelah diberi perlakuan work shop siklus 2, maka kualitas RPP
guru-guru SDN Cikedokan I-IV KKG Gugus Cikedokan mencapai rata-rata 83% terkualifikasi baik.
Berdasarkan analisis dan perhitungan terhadap data yang diperoleh dari
penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik metode work shop berkelanjutan efektif dalam
meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun RPP yang mengintegrasikan
Pendidikan Karakter.
Atas
dasar temuan di atas, maka diajukan saran: (1) Supervisi Akademik jenis work shop cukup efektif dalam upaya
membantu pendidik dalam mengembangkan kemampuan menyusun RPP yang sesuai
standar proses. (2) Kegiatan tersebut dapat diterapkan dalam kegiatan
peningkatan kemampuan profesional pendidik secara keseluruhan bila dilakukan
secara berkesinambungan dan berkelanjutan, dari identifikasi, pemantauan,
pembinaan, dan evaluasi.