20 PERTANYAAN
MATERI SUPERVISI AKADEMIK
(Ilustrasi Tupoksi Kepengawasan
akselarasi Pencapaian SPMP Sekolah Binaan)
1.
Bagaimana bimbingan terhadap sekolah
dalam pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
2.
Bagaimana bimbingan terhadap sekolah
dalam menyusun kurikulum muatan lokal yang penyusunannya melibatkan beberapa
pihak terkait.
3.
Bagaimana pemantauan terhadap
sekolah dalam melaksanakan program pengembangan diri melalui kegiatan konseling
dan kegiatan ekstrakurikuler.
4.
Bagaimana membina guru dalam
merancang tugas mandiri tidak terstruktur untuk mencapai kompetensi tertentu
5.
Bagaimana sekolah melalui KKG dalam
mengembangkan silabus secara mandiri atau cara lainnya berdasarkan standar isi,
standar kompetensi lulusan, dan panduan penyusunan KTSP.
6.
Bagaimana bentuk binaan terhadap
hasil pelaksanaan pemantauan proses pembelajaran yang mencakup tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian hasil pembelajaran.
7.
Bagaimana strategi supervisi proses
pembelajaran melalui cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
8.
Bagaimana model bimbingan terhadap
guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan
prinsip-prinsip pembelajaran.
9.
Bagaimana bimbingan terhadap
peningkatan kemampuan manajerial kepala sekolah yang ditunjukkan dengan
keberhasilan mengelola pendidik dan tenaga kependidikan dan siswa.
10. Bagaimana
bimbingan terhadap peningkatan kemampuan kewirausahaan kepala sekolah dalam
mengelola kegiatan produksi/jasa sebagai sumber belajar siswa.
11. Bagaimana
teknik menilai sekolah dalam merumuskan dan menetapkan visi, misi dan tujuan
lembaga. Bagaimana teknik membimbing, menyusun dan melaksanakan rencana kerja
jangka menengah (empat tahunan) dan rencana kerja tahunan.
12. Bagaimana
pendekatan yang dilakukan terhadap sekolah dalam melaksanakan kegiatan
pengembangan kurikulum dan pembelajaran.
13. Bagaimana
bimbingan terhadap sekolah dalam melaksanakan kegiatan evaluasi diri untuk
menyusun profil sekolah.
14. Bagaimana
bimbingan terhadap sekolah untuk melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan
tenaga kependidikan. Bagaimana arahan terhadap sekolah dalam melaksanakan
sistem informasi manajemen untuk mendukung administrasi pendidikan. 17)
15. Bagaimana
upaya mendorong sekolah untuk menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) dalam sistem pengelolaan pembelajaran.
16. Bagaimana
strategi melakukan evaluasi terhadap pendayagunaan pendidik dan tenaga
kependidikan pada sekolah-sekolah binaannya.
17. Bagaimana
pendekatan atau strategi untuk mendorong guru dan kepala sekolah dalam
merefleksikan hasil-hasil yang dicapainya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
18. Bagaimana
membimbing sekolah dalam menyusun pedoman pengelolaan keuangan sebagai dasar dalam penyusunan Rencana
Anggaran dan Belanja (RAB).
19. Bagaimana
membimbing sekolah dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap
mata pelajaran.
20. Bagaimana
upaya mendorong sekolah dalam menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran
agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, iptek, estetika, serta
jasmani, olahraga, dan kesehatan sesuai dengan standar nasional pendidikan.
Sumber: www.m-edukasi.web.id
Media Pendidikan Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar