Selasa, 12 Februari 2013


PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS) H. SAHIDIN



ABSTRAK

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SD MENYUSUN RPP YANG MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALAUI WORK SHOP BERKELANJUTAN DI KKG GUGUS CIKEDOKAN KECAMATAN BAYONGBONG

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilatarbelakangi oleh kemampuan guru-guru sekolah dasar di wilayah binaan KKG Gugus Cikedokan Kecamatan Bayongbong dalam menyusun RPP yang mengintegrasikan Pendidikan Karakter Bangsa masih jauh dari harapan standar proses sehingga berpengaruh terhadap kurang efektifnya proses pembelajaran. Masalah yang diungkap pada penelitian ini adalah “Apakah work shop berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru SD dalam menyusun RPP yang mengintegrasikan Pendidikan Karakter Bangsa di KKG Cikedokan Kecamatan Bayongbong?”

Penelitian dilaksanakan di KKG Gugus Cikedokan Kecamatan Bayongbong Tahun 2013. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa: (1) Kualitas RPP guru-guru SDN Cikedokan I,II,III-IV KKG Gugus Cikedokan sebelum diberi perlakuan work shop mencapai rata-rata 58% terkualifikasi sangat kurang, (2) Setelah diberi perlakuan work shop siklus 1, maka kualitas RPP guru-guru SDN Cikedokan I-IV KKG Gugus Cikedokan  mencapai rata-rata 79% terkualifikasi cukup baik, (3) Setelah diberi perlakuan work shop siklus 2, maka kualitas RPP guru-guru SDN Cikedokan I-IV KKG Gugus Cikedokan  mencapai rata-rata 83% terkualifikasi baik. Berdasarkan analisis dan perhitungan terhadap data yang diperoleh dari penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik metode work shop berkelanjutan efektif dalam meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun RPP yang mengintegrasikan Pendidikan Karakter.

Atas dasar temuan di atas, maka diajukan saran: (1) Supervisi Akademik jenis work shop cukup efektif dalam upaya membantu pendidik dalam mengembangkan kemampuan menyusun RPP yang sesuai standar proses. (2) Kegiatan tersebut dapat diterapkan dalam kegiatan peningkatan kemampuan profesional pendidik secara keseluruhan bila dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan, dari identifikasi, pemantauan, pembinaan, dan evaluasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar